Anak-anak Nabi Muhammad

 Diambil dari berbagai sumber
  1. al-Qasim - Anak laki-laki dari Khadijah, lahir di Mekah dan meninggal waktu masih kecil.
  2. Abdullah at-Tayyib at-Tahir - Anak laki-laki dari Khadijah, lahir di Mekah dan meninggal waktu masih kecil.
  3. Zainab - Anak perempuan dari Khadijah, lahir di Mekah tahun 23 sebelum Hijrah. Menikah dengan Abu'l-'Ash bin'r-Rabi' b.'Abd Syams. Meninggal pada tahun ke-8 Hijriyah pada usia 31 tahun di Madinah. Mempunyai anak bernama Ali yang meninggal waktu masih kecil, dan Umamah yang menikah dengan Ali bin Abu Talib setelah wafat Fatimah, kemudian dinikahi Mughirah bin Naufal setelah Ali bin Abu Talib, tetapi tidak mempunyai keturunan.
  4. Ruqayya - Anak perempuan dari Khadijah, lahir di Mekah tahun 22 sebelum Hijrah. Menikah dengan Utba bin Abu Lahab tetapi kemudian diceraikan. Selanjutnya menikah dengan Usman b.'Affan, tetapi pada tahun 2 Hijriyah meninggal di Madinah saat usia 24 tahun. Anaknya dari Usman b.'Affan bernama Abdullah tetapi meninggal saat usia 2 tahun.
  5. Umm Kulthum - Anak perempuan dari Khadijah, lahir di Mekah tahun 19 sebelum Hijrah. Menikah dengan Utaiba bin Abu Lahab tetapi kemudian diceraikan. Setelah 2 tahun kematian Ruqayya, Umm Kulthum menikah dengan Usman b.'Affan. Tidak mempunyai anak. Meninggal pada tahun ke-9 Hijriyah di Madinah saat usia 28 tahun.
  6. Fatimah - Anak perempuan dari Khadijah, lahir di Mekah tahun 18 sebelum Hijrah. Menikah dengan Ali bin Abu Talib. Mempunyai empat anak yaitu Hasan, Husein, Zainab, dan Ummu Kultsum. Fatimah meninggal tahun 11 Hijriyah di Madinah, 6 bulan setelah Nabi wafat, pada usia 29 tahun.
  7. Ibrahim - Anak laki-laki dari Mariya binti Syamu’n, salah satu istri Nabi setelah Khadijah wafat. Lahir di Madinah pada tahun 8 Hijriyah. Ibrahim meninggal saat masih kecil.
Dari semua anak-anak Nabi Muhammad, hanya Fatimah yang masih hidup setelah Nabi Muhammad wafat. Semua saudaranya meninggal sebelum Nabi Muhammad wafat.

1 komentar:

  1. anak laki2 Rosulullah ada empat yaitu Al Qasim, Abdullah, dan Tayyib, dari Siti Khatijah serta Ibrahim dari Mariah Al-Qabtiyya.

    ini sebagai perbaikan sj ..

    BalasHapus