James Cook

James Cook - anak miskin yang jadi masyhur karena menjelajah samudra dan mengelilingi dunia sampai dua kali

Anak yang duduk di atas peti itu James Cook (baca Jeimz Kuk) ia anak  miskin dan putus sekolah yang jadi masyhur. Ia jadi masyhur karena mengelilingi dunia sampai 2 kali, sambil mengadakan penyelidikan. 


Cook lahir di Ingris pada tahun 1728. Ia anak petani miskin. Waktu kecil ia jadi gembala sapi. Ia hanya lulusan sekolah desa. Pada umur 12 tahun ia bekerja di ladang membantu ayahnya. Sesudah itu ia jadi pelayan toko di tepi laut. Tiap hari ia melihat kapal layar keluar masuk pelabuhan. Maka timbullah keinginannya jadi pelaut. Ia berhasil mendapat pekerjaan di kapal. Karena pendidikannya rendah, Cook hanya diterima sebagai pesuruh.

Pada waktu itu belum ada Sekolah Teknik Pelayaran. Cook bekerja kasar pada siang hari, dan belajar matematika pada malam hari. Ia rajin sekali bekerja dan berusaha keras menguasai bidang pekerjaannya. Oleh karena itu pangkatnya naik dengan cepat. Mula-mula ia naik pangkat jadi kelasi kelas satu, kemudian jadi nahkoda, dan akhirnya diangkat jadi letnan Angkatan Laut Inggris.

Pada tahun 1768 Cook mendapat perintah dari Markas Besar Angkatan Laut Inggris untuk mencari daerah jajahan baru di Samudra Pasifik (Lautan Teduh). Ia juga mendapat perintah dari Royal Society (Lembaga Ilmu Pengerahuan Kerajaan Inggris) supaya mengantar para ilmuwan ke Tahiti. Tugas para ilmuwan itu membuat peta perlintasan Planet Venus antara Bumi dan Matahari.

Cook diangkat sebagai pemimpin ekspedisi ilmiah ke Samudra Pasifik. Ia membawa Kapal Endeavour yang berarti ’usaha keras’ atau ’berusahalah sebaik-baiknya.’ Kapal itu berpenumpang 85 orang, termasuk 11 orang ilmuwan, antara lain Banks (ahli tumbuhan), Dr. Solander (ahli ilmu tumbuhan, warganegara Swedia), Buchan (pelukis pemandangan), Parkinson (pelukis hewan dan tumbuhan), dan Cook sendiri (ahli bintang, ahli survai, dan ahli observasi). Dari Inggris Cook berlayar menyusuri pantai Amerika Selatan sampai Tanjung Tanduk, lalu membelok ke barart laut menuju Tahiti. Dari Tahiti ia mengelilingi Selandia Baru, menyusuri pantai timur Australia, dan singgah di Jakarta. Di Jakarta 30 orang awak kapal mati karena terserang penyakit malaria dan disentri.

Gambar diatas memperlihatkan ketika Cook (paling kanan) mendapat perintah dari Laksamana Angkatan Laut Inggris untuk mencari daerah jajahan baru di Samudra Pasifik. Perintah itu dilaksanakan Cook dengan baik.


Inilah tampang Kapal Endeavour. Kapal ini dipersenjatai 8 buah meriam yang dapat menembak ke segala arah. Pada geladak atas tampak kandang kambing, itik, dan babi. Kapal ini berumur 4 tahun, panjangnya 30 meter, berat 368 ton, dan harganya £2800. Dengan kapal ini Cook mengelilingi dunia selama 3 tahun.


Peta diatas memperlihatkan Samudra Pasifik atau Lautan Teduh. Orang Eropa yang pada tahun 1513 menemukan Samudra Pasifik adalah Vasco Nunez de Balboa, penjelajah warga negara Spanyol. Tapi orang belum tahu bagaimana bentuk Samudra Pasifik, berapa panjangnya, berapa lebarnya, berapa banyak pulau-pulaunya, bagaimana penduduknya, dan sebagainya. Maka muncullah orang-orang yang berjasa dalam sejarah penemuan daerah baru. Orang pertama di dunia yang pada tahun 1519-1522 melintasi Samudra Pasifik dan mengelilingi bumi adalah Ferdinand Magellan, pelaut Portugis. Bahkan Magellan-lah yang memberi nama pasifik pada Samudra itu. Tapi penjelajah Samudra Pasifik yang terbesar adalah Cook. Dialah yang membuat peta Samudra Pasifik yang terlengkap di dunia pada abad ke-18. Ia mengelilingi Selandia Baru sambil membuat petanya selama 6 bulan. Ia menemukan Kaledonia Baru, Hawaii, dan pulau-pulau lain.

Cook membawa teropong, kronometer, dan sekstan. Teleskop (teropong) adalah alat untuk melihat benda pada jarak jauh, misalnya pulau, kapal lain, dan bintang. Kronometer adalah alat yang dapat mengukur waktu dengan teliti sekali. Sekstan adalah alat untuk mengukur tinggi badan angkasa (bintang, bulan, matahari) dan untuk menentukan posisi kapal di laut.

Cook berangkat dari Inggris pada tanggal 25 agustus 1768 dan tiba di Tahiti tanggal 13 april 1769.Tahiti adalah sebuah pulau di Samudra Pasifik Selatan. Tahiti ditemukan oleh Samuel Wallis, kapten Angkatan Laut Inggris pada tahun 1767. Orang Tahiti bertubuh tinggi dan tegap. Tubuh pria Tahiti penuh dengan tanda rajah. Di Tahiti Cook mengamati pelintasan Planet Venus. Tugas itu selesai pada tanggal 3 juni 1769, ia juga menyuruh anak buahnya memperbaiki dan membersihkan kapalnya.

Dari Tahiti Cook berlayar ke selatan untuk mencari Antartika (Benua Kutub Selatan) yang pada waktu itu belum dikenal. Udara dingin, hingga kambing pun memakai selimut. Pada tanggal 6 Oktober 1769 Nicholas Young anak laki-laki yang bertugas di menara kapal, berteriak keras-keras, “Daratan! Daratan!” Cook tiba di Selandia Baru. Penduduk asli Selandia Baru adalah orang Maori. Mereka melarang Cook mendarat. Cook terpaksa menyusuri pantai ke utara. Ia bermaksud mencari tempat mendarat yang aman.


Pada tanggal 19 Oktober 1769 Cook tiba di Teluk Uawa. Penduduk di daerah itu ramah. Cook bersama anak buahnya disambut dengan hangat. Mereka lalu tukar menukar barang.

Pada tanggal 29 April 1770 Cook tiba di Teluk Botany, Australia. Daerah itu ia beri nama New South Wales. Ia melihat penduduk asli, boomerang, kangkuru, kakaktua dan dingo.


Sesudah menyusuri pantai timur Australia dan singgah di Jakarta, Cook pulang ke Inggris. Ekspedisi pertama itu sangat berhasil dan selesai pada bulan juli 1771.

Tahun berikutnya Cook diperintahkan menyelidiki lautan paling selatan. Pada bulan Januari 1773 ia jadi orang pertama didunia yang memasuki Lingkaran Antartika. Ia naik Kapal Resolution. Ia melihat gunung es, singa laut, anjing laut, burung kormoran, albatros dan penguin.

Pada tahun 1774 Cook tiba di Pulau Paskah. Di pulau itu ada 600 patung raksasa berbentuk kepala manusia. Patung itu terbuat dari batu, beratnya 82 ton, tingginya 12 meter.


Ekspedisi kedua selesai pada tahun 1775. Setibanya di Inggris Cook diangkat jadi kapten. Ia mendapat medali emas, karena menemukan cara pencegahan penyakit skorbut.


Pada tahun 1776 Cook memimpin ekspedisi ketiga. Ia berlayar dari Inggris, lewat Tanjung Harapan, singgah di Selandia Baru,terus ke Samudra Artik lewat Selat Bering. Ia menemukan Hawaii pada tanggal 18 Januari 1778. Ia beserta anak buahnya disambut secara luar biasa oleh penduduk asli. Cook dianggap dewa. Mereka tukar menukar hadiah. 


Tapi satu bulan kemudian sifat orang Hawaii berubah. Mereka jadi tak sopan, dan suka mencuri barang milik Cook. Anak buah Cook marah. Maka timbullah perkelahian. Perkelahian berubah jadi pertempuran. Cook berusaha meredakannya, tapi tidak berhasil. Karena ketakutan anak buah Cook cepat-cepat naik perahu. Cook ketinggalan dan terbunuh.



Beberapa waktu kemudian rumah Cook dipindahkan dari Inggris ke Australia. Pada gambar ini tampak anak-anak Australia sedang melihat-lihat rumah Cook beserta tamannya.



JAMES COOK (1728-1779)

Cook adalah kapten Angkatan Laut, warga Negara Inggris, ahli survey, navigator, penjelajah terbesar di dunia, pembuat peta terbesar di dunia, pengarang, orang pertama di dunia yang melintas Lingkaran Antartika (Daerah Kutub Selatan), orang pertama di dunia yang berhasil mengobati penyakit skorbut (gusi bengkak dan kulit mudah berdarah), orang pertama didunia yang menerapkan metode ilmiah untuk menyelidikan samudra.

1728 : Lahir pada 27 Oktober di desa Marton, Cleveland, Yorkshire, Inggris. Anak petani miskin.
1740 : Pada umur 12 tahun tamat sekolah desa. Sejak kecil suka menyelidiki sesuatu dan berotak cerdas, lalu bekerja di ladang membantu ayahnya. Sesudah itu menjadi pelayan toko.
1746 : Pada umur 18 tahun bekerja sambil belajar pada John Walker, pemilik kapal di Whitby.
1749 : Pada umur 21 tahun banyak berlayar ke Laut Utara dengan naik kapal dagang.
1752 : Diangkat jadi kelasi kelas satu, lalu masuk Angkatan Laut Inggris
1755 : Mengadakan survey di Sungai St. Lawrence dan ikut merebut Quebec, Kanada.
1762 : Pada umur 34 tahun kawin dengan Elizabeth Batts. Mereka dikaruniai 6 anak, 3 meninggal waktu bayi.
1763 : Mengadakan survai di Newfounland, Amerika Utara. Pada tahun1766 ia mengamati gerhana matahari.
1768-71 : Ekspedisi pertama. Ia mengelilingi dunia, membuat peta pelintasan Planet Venus di Tahiti, dan membuat peta Selandia Baru.
1772-75 : Ekspedisi kedua. Ia mengelilingi dunia lagi, melintasi Lingkaran Antartika, menemukan pulau-pulau Tuamotu, Cook, Marquesa,  Fiji, Kaledonia baru, Hebrides Baru, dan Norfolk.
1776-79 : Ekspedisi ketiga. Ia menjelajahi Pasifik Utara dan menemukan pulau-pulau Tonga, Christmas, dan Hawai. Dibunuh orang Hawaii pada umur 50 tahun.

KEPRIBADIAN JAMES COOK

Bekerja dengan baik :
Meskipun Cook berpendidikan rendah dan miskin, tapi jabatannya naik dengan cepat, karena ia suka bekerja dengan baik. Sejak jadi pelayan toko hingga jadi kapten, ia berusaha melaksanakan tugasnya dengan sebaik-baiknya. Sebahai ahli survai ia mengukur dengan teliti. Sebagai ahli observasi ia mengamati dengan cermat.

Patuh pada perintah :
Tugas Cook menyelidiki samudra. Ia menjelajah Samudra Pasifik dan mengelilingi bumi. Panjang Samudra Pasifik 15.000 kilometer. Lebarnya 18.000 kilometer. Keliling bumi 40.075,16 kilometer. Ia mengelilingi bumi 2 kali. Pada pelayaran sejauh itu Cook tidak menyeleweng. Laporan ekspedisinya cermat dan sangat berharga.

Memperhatikan kesehatan anak buahnya :
Pada abad ke-17, bila awak kapal mati sepertiha, adalah hal biasa. Tapi pemeliharaan Cook terhadap keselamatan awak kapalnya benar-benar luar biasa. Pada ekspedisi kedua, dari 118 awak kapal, hanya seorang yang meninggal. 

------------------------------------------------------------------

Buku Pustaka Dasar Seri Biografi
Penulis dan perencana : Belinda Hollyer
Teks Indonesia diperluas oleh : A. Haryono
Ilustrasi : Mike Jackson
Penerbit PT. Gramedia
Jakarta, 1981
*gambar di ambil dari banyak sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar