Gandhi ... inspirasiku

Mahatma Gandhi: Berjuang Tanpa Kekerasan

Mahatma Gandhi, yang terlahir di India tanggal 2 Oktober 1869 dengan nama Mohandas Karamchand Gandhi, dikenal sebagai figur yang memperjuangkan kemanusiaan dengan konsep ahimsa –tanpa kekerasan-. Melalui perjuangannya, kasta Sudra – yaitu golongan kelas bawah atau budak di India -yang sebelumnya dikucilkan, mulai mendapat perlakuan yang lebih manusiawi. Gandhi juga memperjuangkan hak-hak kaum wanita yang sebelumnya sangat tertindas di India. Melalui perjuangannya yang tak kenal lelah, akhirnya India memperoleh kemerdekaan dari Inggris. 

Keberhasilan Gandhi sebagai pemimpin tak terlepas dari padunya kata dan perbuatan. Memberi teladan nyata adalah bagian dari perjuangan Gandhi. Gerakan Satyagraha yang berarti kekuatan kebenaran, benar-benar dipraktekkannya dalam kehidupan sehari-harinya. Ia terkenal sebagai pemimpin yang jujur dan selalu menepati janjinya meski sering lawannya tidak menepati janji. 

Gandhi sangat fanatik melaksanakan pola hidup sederhana. Gandhi juga memberi teladan nyata untuk mencintai produksi dalam negeri, bahkan ia sendiri selalu menenun kain yang digunakannya. Sebelum mengoreksi orang lain, hendaknya kita merenungkan sikap dan tindakan kita terlebih dahulu. Berpuasa adalah salah satu cara yang sangat ampuh untuk melaksanakan kebijaksanaan tersebut. Gerakan puasa adalah bagian penting dari perjuangan Gandhi.
 

Perjuangan tanpa kekerasan memang memerlukan kesabaran dan menghabiskan waktu yang tidak sedikit. Bahkan banyak hal yang diperjuangkan Gandhi tidak tercapai dalam masa hidupnya dan juga belum tercapai sampai saat ini. Akhir hidup Gandhi pada tanggal 30 Januari 1948 pun ditandai dengan kekerasan. Gandhi wafat tertembak. Namun demikian, jiwa kasih sayang dan tanpa kekerasan yang diperjuangkan Gandhi terus bergema sampai saat ini dan akan terus bergaung selama kekerasan masih melanda dunia ini.

INILAH SEBUAH INSPIRASI UNTUK ANAKKU... GANDHI AHMAD WIJAYA

semoga....

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar